Senin, 14 Agustus 2023

Bangga Menjadi Guru


By. Rien Elsa

Kerja seorang guru tidak ubah seperti kerja seorang petani yang sentiasa membuang duri serta mencabut rumput yang tumbuh di celah-celah tanamannya. [Abu Hamid Al Ghazali]

Tidak sedikit tantangan yang dihadapi. Manajemen kesabaran dipertaruhkan. 

Otak berfikir keras, bagaimana caranya menuangkan gelas kosong dengan madu. Agar madu itu bisa menyembuhkan, membahagiakaan dan mencerahkan.

Berbagai strategi dicoba menakhlukkan hati yang labil. Agar kata yang dilontarkan tak melukai mereka yang sedang mencari jati diri. Tindakan tak membuatnya sakit hati.

Membuat mereka bahagia adalah harapan tapi tetap fokus pada tujuan. Bukan membenarkan semua tindakan mereka yang bertentangan dengan aturan, namun mencoba mengarahkan dengan pendekatan tanpa menjatuhkan atau merendahkan.

Mereka adalah kuncup yang mulai berkembang. Kupu-kupu yqng mulai mengeluarkan sayap indahnya atau elang biru yang mau terbang ke angkasa.

Keberhasilan mereka tidak terlepas dari sentuhan seorang guru. Dipengaruhi oleh cara guru menggosoknya menjadi berlian.

"Seni tertinggi guru adalah untuk membangun kegembiraan dalam ekspresi kreatif dan pengetahuan.[Albert Einstein]

Menjadi guru adalah impian dari kecil, terinspirasi dari orang tua yang juga guru. 

Menjadi guru murni dari panggilan hati. Bukan karena paksaan atau dilakukan secara terpaksa.

Sangat disadari, apa yang dilakukan selama ini masih jauh dari sempurna. Belum memenuhi semua standar yang harus dipenuhi oleh seorang guru. namun setidaknya ada keinginan yang kuat untuk melangkah kerah itu. 

Guru bukan dewa dan selalu benar. Dan murid bukan kerbau. [Soe Hok Gie]

Seorang guru adalah korban, korban untuk selama-lamanya. Dan kewajibannya terlampau berat, membuka sumber kebajikan yang tersembunyi dalam tubuh anak-anak bangsa. [Pramoedia Ananta Toer]

Bangga menjadi guru
Love my job
Mengajar dengan cinta
Mendidik dari hati

💝 My job

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Merindukan Gang Iblis

By. Rien Sudah sangat lama kami meninggalkan tempat itu. Namun, seakan ada suara yang terus memanggil. Sebenarnya ada apa di gang iblis? Gan...